USU Kukuhkan 5 Guru Besar Baru, Rektor Ingatkan Pentingnya Rekognisi Internasional

Selamat datang Mareshabeaute di Website Kami!

Medan – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin melaksanakan acara pengukuhan lima guru besar tetap USU secara langsung di Student Center USU pada Rabu, 6 Desember 2023. USU Kukuhkan 5 Guru Besar Baru, Rektor Ingatkan Pentingnya Rekognisi Internasional

Kelima guru besar yang dikukuhkan adalah Tavi Supriana dari Fakultas Pertanian, Rozanna Mulyani dari Fakultas Ilmu Budaya, Nursahara Pasaribu dari Fakultas MIPA, Maria dari Fakultas Hukum, dan Nurlela dari Fakultas Hukum.

Muryanto Amin dalam sambutannya menyampaikan bahwa jabatan guru besar merupakan jabatan fungsional tertinggi yang dapat disandang oleh seorang guru. Dengan tercapainya hasil tersebut, maka tugas Tridharma guru bertambah. Nadiem Curhat Tiap Tahun Selalu Kena Getah dari Kebijakan Zonasi yang Dibuat Era Muhadjir Effendy

Tidak hanya menghargai kuantitas, tetapi juga kualitas, dan patut menjadi teladan, terutama di lingkungan universitas.

“Tugas kita sebagai guru besar adalah agar diakui atau diakui dunia internasional,” kata Murianto, Kamis, 7 Desember 2023.

Secara umum, setidaknya ada dua bagian besar yang harus mencakup permasalahan pendidikan tinggi, yaitu tata kelola dan hasil pembelajaran. Murianto menjelaskan, pengelolaan perguruan tinggi harus minimalis namun kaya fitur. Sebab disrupsi terjadi akibat kemajuan teknologi.

“Untuk itu, hasil pembelajaran harus mampu memberikan solusi cepat terhadap permasalahan yang dihadapi dunia industri,” jelasnya.

Selain itu, Rektor mencatat USU telah melakukan transformasi agar kedua permasalahan tersebut dapat dikelola dengan hasil yang memperkuat kinerja institusi. Komitmen tersebut diwujudkan dengan mendorong para guru untuk melaksanakan perubahan tugas sejalan dengan transformasi kelembagaan USU.

“Kekuatan utamanya berasal dari guru yang menyusun kurikulum, mengadaptasi metode pengajaran yang sehat, dan mendiseminasikan hasil penelitian di jurnal internasional Scopus,” ujarnya.

Salah satu guru besar yang baru dilantik, Nursakhara Pasaribu, mengungkapkan harapan besarnya agar segera bisa menjangkau rekan-rekannya yang masih mencoba menapaki jalur karir yang sama.

Diharapkan ada forum khusus bagi mereka yang sudah berprofesi sebagai guru besar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman serta rencana ke depan. USU Kukuhkan 5 Guru Besar Baru, Rektor Ingatkan Pentingnya Rekognisi Internasional

“Forum ini adalah tempat kita bisa berbagi cerita dan merencanakan langkah selanjutnya dalam perjalanan karir kita,” kata Nursakhara.

Sebagai informasi, USU saat ini terakreditasi tinggi dengan peringkat 1200 QS WUR, 1500 THE WUR, 401 QS AUR. Dengan 165 guru besar aktif USU, serta 6 guru besar tetap dan akan segera dikukuhkan, kami berharap dapat mempercepat transisi USU menuju pengakuan internasional.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Rektor Universitas Merku Buana: Netralitas pemilu adalah prinsip Rektor Universitas Merku Buana, prof. Dr.Andi Adriansia. M Eng mengatakan partainya sangat mendukung netralitas dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024. Mareshabeaute 11 Februari 2024